Jumat, 02 Januari 2009

MULTIMEDIA

Multimedia dapat diartikan sebagai penyatuan berbagai media teknologi untuk kepentingan hiburan, publikasi, komunikasi, promosi dan lainnya.”

Sumber http://wikipedia.org menjelaskan bahawa Multimedia adalah Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.

Beberapa definisi menurut beberapa ahli:

1) Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)

2) Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick,1996)

3) Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002)

4) Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)

5) Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.

Istilah Multimedia berdasarkan Etimologi terdiri dari “multi” dan “media”. Multi berarti beragam sedangkan “media” berarti sarana (tool) yang digunakan.

Dalam bahasa latin kata Multimedia terdiri dari 2 kata yaitu :

“Multi” adalah banyak atau bermacam-macam

“Medium” adalah sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu

“Medium” adalah alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi (American Heritage Electronic Dictionary, 1991)

Jadi berdasarkan etimologi bisa kita artikan bahwa multimedia adalah sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.

Manfaat dan Fungsi Multimedia

Berdasarkan pada beberapa pengertian, multimedia memiliki manfaat dan fungsi yang sangat penting untuk digunakan dalam berbagai bidang pekerjaan atau aktifitas, diantaranya :

1. membantu bidang pendidikan dalam proses pembelajaran dengan menyajikan bahan pembelajaran dalam berbagai media

2. membantu dan mempermudah dalam komunikasi

3. dapat merubah pola kerja yang konvensional menjadi lebih modern sehingga lebih efektif dan efisien seperti penggunaan teleconference dalam suatu pertemuan.

4. dapat merubah pola atau gaya hidup karena setiap aktifitas bisa lebih dipermudah dan dipercepat tanpa mengeluarkan banyak energi.

5. mempermudah penyampaian informasi

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda


Free Indo Flash Mp3 Player at musik-live.net
Glitterfy.com - Glitter Graphics